Cara Flash Android (Install Ulang Smartphone Android)

Cara Flash Android (Install Ulang Smartphone Android) – Flash atau install ulang sistem Android biasa dilakukan jika perangkat mengalami masalah, misalnya saja eror akibat virus ataupun bootloop. Untuk melakukan flash, ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan. Namun secara rinci, ada 3 tahap utama yang akan Anda lewati, yaitu back up data, rooting dan flashing.

Tahap 1: Back up data Anda

Advertisement

Back up memori data dilakukan untuk menyimpan salinan data yang digunakan jikalau cara yang Anda lakukan salah dan Anda kehilangan data-data penting dan atau Anda ingin mempertahankan beberapa aplikasi yang sebelumnya sudah ada. Untuk melakukan back up, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi populer, seperti ClockworkMod, MIUI recovery dan Potatoshare recovery. Setelah itu Anda juga harus merubah formatnya menjadi ZIP, lalu menyimpannya di dalam kartu SD agar lebih mudah dicari ketika dibutuhkan.

Cara Flash Android (Install Ulang Smartphone Android)

Tahap 2: Root Android Anda

Note: Anda tidak perlu melakukan tahap 2 ini jika perangkat Android Anda sudah di rooting.

  1. Unduh dan install Kingo Android Root di PC Anda dan buka.

Unduh: www.kingoapp.com

  1. Aktifkan USB debugging. Cari dan klik ikon Setting (seperti gambar gerigi) > About Phone > Developer Options. Selanjutnya cari opsi “USB debugging”, lalu centang.
  1. Hubungkan perangkat Android Anda ke PC menggunakan kabel USB, setelah itu siapkan Kingo Android Root
  1. Klik “ROOT” pada software Kingo, lalu tunggu hingga selesai.

Tahap 3: Flash (Install ulang) Android

  1. Anda harus menyiapkan dulu kostum ROM dan biasanya kostum ROM itu berbeda-beda tergantung perangkat apa yang Anda gunakan. Anda bisa mencarinya di Google untuk hasil terbaik, yang terpenting kostum ROM yang digunakan kompatibel dengan device yang Anda miliki.
  1. Setelah Anda menemukan kostum ROM yang cocok, Anda dapat mengunduhnya dalam bentuk ZIP ke komputer. Pastikan formatnya ZIP, karena flash ROM akan melalui banyak tahap yang sulit jika tanpa format seperti itu.
  1. Hubungkan perangkat Android ke komputer menggunakan kabel data, setelah itu pindahkan ROM lama ke PC Anda (pastikan semua data sudah di back up – lihat tahap 1) dan transfer ROM baru ke perangkat Android.
  1. Unduh dan install aplikasi Quick Boot.

Unduh: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.siriusapplications.quickboot&hl=en

  1. Aktifkan aplikasi tersebut, setelah itu Anda akan melihat beberapa tampilan opsi. Lanjutkan dengan menekan tombol “ Recovery”. Dengan cara ini perangkat Anda akan masuk ke dalam mode recovery, sehingga flashing sudah dapat dimulai.

Note: selain menggunakan Quick Boot, Anda juga bisa merubah mode secara manual.

  1. Setelah itu Anda akan dihadapkan dengan tampilan recovery. Lanjutkan dengan memilih opsi “Choose zip from sdcard”.
  1. Nanti Anda akan diminta untuk memilih file atau data mana saja yang akan di masukkan ke dalam perangkat Anda. Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih apakah program akan dilanjutkan atau tidak. Jika lanjut, maka klik ‘Yes”.
  1. Sistem akan memindahkan data dalam bentuk ZIP tersebut ke dalam ROM, setelah itu Anda hanya perlu klik “Reboot system now” dan sistem akan kembali seperti semula.

Incoming search terms:

  • cara install ulang android lewat pc
  • cara flash android lewat pc
  • cara instal ulang android
  • cara flash hp android lewat pc
  • cara flash android
  • instal ulang android
  • cara instal ulang android lewat pc
  • cara install ulang android
  • cara flash android dengan pc
  • cara instal ulang android dengan pc
Cara Flash Android (Install Ulang Smartphone Android) | Balqish Annur Qaishah | 4.5