Cara Mengatasi Laptop yang Sering Restart Sendiri

Cara Mengatasi Laptop yang Sering Restart Sendiri – Setelah smartphone, barang elektronik kedua yang memang sangat penting dan harus dimiliki di zaman ini ada laptop. Laptop selain ringan dan mudah dibawa kemana-mana kerap kali digunakan untuk pekerjaan. Tak tanggung-tangggung yang menggunakan barang ini adalah dimulai dari usia SD sampai dewasa. Namun, dibalik kenyamanan menggunakan laptop sendiri ada beberapa kasus yang tak mengenakkan bila menggunakan laptop salah satunya adalh jika laptop sudah “cukup umur” panyakit lama yang sering terjangkit adalah merestart sendiri. Tentunya ini menjadi masalah yang besar bila Anda awam terhadap barang elektornik. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa melakukan “pertolongan pertama” dan tak perlu panik. Ingin tahu seperti apakah penanganannya? Berikut akan dipaparkan mengenai Cara memperbaiki Laptop yang Restart Sendiri.

reanew

Advertisement

Penyebab Laptop yang Sering Restart Sendiri

Sebelum mengetahui cara mengatasinya alangkah lebih baik untuk mengetahui penyebab laptop yang sering merestart sendiri. Hal ini sangat penting untuk diketahui mengingat agar Anda bisa lebih rileks ketika menghadapi permasalahan yang serupa. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut:

  1. RAM Bermasalah

Di dalam barang elektronik tentu Anda akan selalu mendengar istilah RAM. RAM ini bisa dianalogikan sebagai “nyawa” dari barang-barang tersebut. Penyebab laptop Anda sering merestart sendiri barangakli dikarenakan RAM tang bermasalah. Untuk menegceknya bila Anda masih awam bisa meminta tolong pada ahli untuk mengganti atau memperbaikinya.

  1. Terjangkit Virus

Layaknya seorang manusia bila terjaring virus kondisi badannya kan menjadi “tidak normal” atau terserang sakit. Kondisi laptop pun sama apabila sering merestart sendiri kemungkinan sedang terjangkit virus yang bisa jadi dapat merusak secara keseluruhan dari laptop Anda. Untuk itu Anda wajib memasang satu anti virus yang memang sekiranya Anda yakini ampuh untuk membersihkan virus

  1. Temparatur Prosesor Tinggi

Berikutnya adalah karena kondisi prosesor laptop Anda yang tinggi atau panas. Jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan besar akan terjadi laptop yang merestart sendiri.

Cara Mengatasi Laptop yang Sering Restart Sendiri

Dari penyebab-penyebab yang dipaparkan di atas tentunya Anda kan bisa menebak atau melakukan sendiri seperti apa cara mengatasinya. Namun, berikut akan kami paparkan mengenai cara mengatasi laptop yang pada umunya dilakukan oleh ahli ataupun yang awam. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih Menu My Computer yang ada di laptop Anda. Caranya agar gampang dan cepat bisa mengklik kanan pada mouse laptop Anda.
  2. Setelah mengklik My Computer, Anda bisa memilih properties
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih dan juga mengklik Tab Advanced
  4. Kemudian Anda akan menemukan bagian start-up and recovery, maka langkah selanjutnya adalah menghapus kolom centang pada isian auotmatic restart dan selanjutnya pilih OK.
  5. Langkah terakhir adalah mereboot komputer. Tujuannya adalah untuk memperkecil atau menghilangkan penyebab-penyebab kerusakan pada laptop Anda. Namun, berhati-hatilah melakukan reboot karena bisa jadi menyebabkan laptop hang. Ketika hal ini terjadi Anda harus segera membawanya apda yang ahli.

Baca juga : Penyebab Laptop Lemot Windows 7, 8 dan 10

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi laptop yang sering restart sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Cara Mengatasi Laptop yang Sering Restart Sendiri | Sundus Afifah | 4.5