Cara Mengembalikan IMEI Android Yang Hilang

Cara Mengembalikan IMEI Android Yang HilangBerbicara masalah ponsel android pasti anda pernah mendengar yang namanya IMEI pada ponsel android. Bagi yang belum mengetahui bahwa IMEI adalah kepanjangan dari International Mobile Station Equipment Identity, biasanya nomor IMEI ini terdiri dari 15 digit angka yang unik dan tiap ponselnya memiliki angka yang berbeda-beda. IMEI sendiri fungsinya sebenarnya adalah memberikan informasi mengenai ponsel android tersebut mulai dari tipe ponsel, pabrik ponsel dan lainnya. Untuk cara mengeceknya bisa dengan menggunakan *#06# kemudian tekan tombol panggil atau mengecek dibagian fisik ponsel tersebut.

cara mengembalikan imei android yang hilang

cara mengembalikan imei android yang hilang

Bagi anda yang suka ngoprek android anda dengan menganti custom ROM non-resmi,  flash ulang android, hard reset, factory reset atau setelah melakukan root pada android dengan tidak benar, maka biasanya akibatnya adalah IMEI pada android hilang atau terjadi invalid nomor IMEI. Keadaan ini sering terjadi pada android yang menggunakan chipset dari Mediatek atau android buatan China yang kurang populer. Akibat dari IMEI android hilang ini biasanya bisa diketahui dari hilangnya sinyal pada android kita atau biasa disebut SOS, tentu saja ini akan menganggu kita karena android tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Advertisement

Tetapi anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengembalikan IMEI android yang hilang seperti semula. Langsung saja saya akan membahas step by step cara mengembalikan imei android yang hilang :

Cara Mengembalikan IMEI Android

  1. Catat terlebih dahulu nomor IMEI yang ada di android anda. Anda bisa menemukannya dengan menemkan *#06# kemudian tekan tombol panggi, bisa juga dengan melihat pada casing dalam android anda atau anda juga bisa melihat di kardus pembungkus ponsel anda, biasanya disana tertera nomor IMEI ponsel.

    IMEI android hilang

    IMEI android hilang

  2. Nah untuk cara ini android anda harus sudah dalam keadaan ROOT, jadi jika belum diroot anda harus melakukan root terlebih dahulu.
  3. Jika sudah selanjutnya silahkan download aplikasi Terminal Emulator yang bisa anda download dari Google Play atau silahkan unduh disini.
  4. Setelah download kemudian silahkan install hingga selesai aplikasinya.
  5. Setelah terinstall silahkan anda buka aplikasinya, kemudian anda ketikan “su” kemudian enter, langkah ini dilakukan untuk meminta hak akses super user pada sistem di android anda.

    Terminal Emulator

    Terminal Emulator

  6. Selanjutnya ketikan perintah dibawah ini kemudian tekan enter.

Untuk SIM 1 : echo ‘AT+EGMR=1,7,”nomor IMEI anda”‘ >/dev/pttycmd1

Untuk SIM 2 : echo ‘AT+EGMR=1,7,”nomor IMEI anda”‘ >/dev/pttycmd1

Bagi anda yang memiliki android singel sim maka anda cukup memasukan SIM 1 saja kemudian enter.

  1. Selamat anda berhasil.

Nah demikianlah pembahasan mengenai cara mengembalikan imei android yang hilang. Cara ini cukup mudah untuk anda praktekan dirumah jika terjadi nomor IMEI android anda hilang. Semoga informasi yang kami bahas ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang membutuhkannya. Jangan lupa share kepada teman anda agar lebih bermanfaat lagi. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • Akibat bila nomer imei android hilang
  • mengembalikan imei android
Cara Mengembalikan IMEI Android Yang Hilang | Eril Obeit Choiri | 4.5