Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Aplikasi Antivirus

Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Aplikasi Antivirus – Android adalah salah satu sistem operasi perangkat mobile yang paling rawan terserang virus atau malware dibanding sistem operasi mobile lain seperti iOS ataupun Windows Mobile. Para pembuat malware lebih antusias menyerang perangkat Android karena populasinya yang sangat banyak.

Ya, sistem operasi Android diadopsi oleh banyak produsen smartphone bukan tanpa alasan. Android dipilih karena lebih mudah untuk dikostumisasi dan disesuaikan dengan karakter hardware smartphone. Selain itu sistem operasi yang punya logo robot hijau ini bersifat open source alias bebas dikembangkan oleh siapapun. Perkembangan malware untuk perangkat Android bisa dibilang sangat pesat. Saat ini ada beberapa jenis malware yang sangat berbahaya.

Advertisement

Tak hanya bisa merusak sistem dan menurunkan performa saja. Beberapa malware yang menyerang Android terbukti bisa mencuri data-data penting yang dimiliki pengguna. Oleh karena itu kita harus bisa melakukan antisipasi. Berikut langkah-langkah mudah mengenai cara menghilangkan virus di Android tanpa antivirus.cara-menghilangkan-virus-di-android-tanpa-aplikasi-antivirus1. Masuk ke Safe Mode

Langkah pertama untuk menghilangkan virus di Android tanpa antivirus adalah dengan masuk ke safe mode. Dalam safe mode ini, perangkat Android anda akan berjalan lebih ringan karena hanya ada sistem aplikasi saja yang berjalan. Cara masuk safe mode cukup mudah. Bisa gunakan kombinasi tombol dan volume sesuai merk dan tipe perangkat.

2. Cek Aplikasi Terinstall

Setelah masuk ke safe mode, langkah berikutnya adalah mengecek semua aplikasi yang ada di sistem. Pada safe mode, aplikasi pihak ketiga tidak akan terlihat, kecuali aplikasi malware atau virus yang menyerang sistem. Jadi anda bisa dengan mudah mengetahui biang keladi alias malware yang menyerang Android.

3. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Langkah mudah setelah anda menemukan aplikasi mencurigakan yang diperkirakan adalah malware, langsung hapus saja. Dengan begitu malware tidak akan beroperasi dan menyerang sistem di perangkat Android anda. Cara menghapusnya sama seperti menghapus aplikasi pada umumnya.

4. Hilangkan Akses Administrator

Selain menghapus data aplikasi malware, anda juga harus menghapus akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut. Caranya sangat mudah dengan melalui menu Settings, lalu pilih Security, dan tap Device Administrator. Dengan begitu malware tidak akan mendapatkan akses kontrol terhadap perangkat Android anda.

5. Keluar Safe Mode

Nah, setelah semua langkah selesai dan virus sudah hilang dari perangkat Android anda, langkah berikutnya adalah keluar dari safe mode dan masuk ke mode normal agar bisa mengoperasikan perangkat Android seperti semula. Virus hilang dan semua data-data penting anda juga aman.

Bagaimana, simpel bukan? Dengan tips cara menghilangkan virus di Android tanpa antivirus tadi, anda bisa membasmi semua virus yang bersarang di Android dengan mudah, cepat, dan praktis. Jika informasi ini dirasa bermanfaat bagi orang banyak, silahkan untuk dishare ke sosial media.

Incoming search terms:

  • antivirus yang bagus untuk iphone 4 forum
  • blackview virus
  • cara hapus virus di advan s50f
  • cara hilangkan mode aman blackview
  • cara menghapus virus di hp advan s50f
  • cara menghilang kan virus tanpa aplikasi
  • cara menghilangkan virus di hp advan
  • hp tanpa anti virus di hp
Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa Aplikasi Antivirus | Irfan Wahyu Permana | 4.5