Cara Menyelamatkan HP Android yang Terkena Air

Cara Menyelamatkan HP Android yang Terkena Air – Sama seperti barang elektronik lainnya, smartphone juga akan rusak jika terkena air, kecuali smartphone yang dilengkapi dengan fitur tahan air seperti seri Sony Xperia Z dan beberapa smartphone lainnya. Namun mayoritas smartphone yang dilengkapi dengan fitur anti air harganya mahal.

Bicara soal smartphone dan air, para pengguna ponsel pintar kerap mengalami masalah smartphone rusak karena terkena air ataupun tercebur ke dalamnya. Tentunya smartphone tersebut akan rusak dan tidak bisa digunakan. Penyebabkan tidak lain adalah karena air masuk ke dalam smartphone dan menyebabkan komponen-komponen yang ada di dalamnya rusak. Namun anda tak perlu kawatir karena smartphone tersebut masih bisa diperbaiki.

Advertisement

Agar smartphone yang tercebur ke dalam air tidak rusak, maka perlu penanganan yang tepat. Beberapa kasus rusaknya smartphone yang tercebur ke dalam air menjadi rusak total karena penanganannya yang tidak tepat. Berikut beberapa cara menyelamatkan smartphone, khususnya Android yang terkena air.Cara Menyelamatkan HP Android yang Terkena Air1. Ambil HP Dari Air Secepatnya

Saat anda mengetahui smartphone Android telah tercebur ke dalam air ataupun ketumpahan air, maka sesegera mungkin ambil dari taruh di tempat yang aman. Siapa tahu air masih belum masuk ke dalam smartphone sehingga anda tetap bisa menggunakannya walaupun sudah terkena air.

2. Jangan Hidupkan Smartphone

Biasanya smartphone Android yang tercebur ke dalam air akan langsung mati. Setelah anda mengambilnya, jangan sekali-kali langsung dihidupkan karena akan membuat aliran listrik yang ada dalam smartphone korslet. Sebaiknya biarkan smartphone tetap mati sampai benar-benar kering.

3. Lepas Semua Aksesoris yang Menempel

Langkah berikutnya adalah segera lepas semua aksesoris yang menempel pada smartphone mulai dari casing, baterai, memory, SIM card, dan lain-lain dan biarkan smartphone tetap dalam keadaan mati. Lakukan hal tersebut sampai smartphone benar-benar kering dan tidak ada air yang tersisa di dalamnya.

4. Kubur di Dalam Beras

Setelah anda melakukan beberapa langkah tadi, selanjutnya kubur smartphone Android ke dalam beras. Tujuannya adalah agar semua air yang masih tersisa dalam smartphone dapat terserap ke dalam beras dengan cepat. Lakukan proses ini selama kurang lebih satu sampai dua hari.

5. Coba Nyalakan Smartphone

Nah, setelah melalui beberapa tahap tadi. Langkah berikutnya adalah mencoba menghidupkan smartphone kembali. Jika smartphone Android anda hidup, maka smartphone dapat digunakan seperti semula. Jika tidak, terpaksa anda harus membawa ke tempat servis karena ada komponen yang rusak di dalamnya.

Dengan mengetahui cara menyelamatkan HP Android yang terkena air tadi, diharapkan anda semua lebih paham cara menangani HP yang terkena air dan tidak panik. Selain melakukan 5 langkah tadi, anda juga bisa melakukan penyedotan sisa air dalam smartphone menggunakan alat seperti vacum cleaner dan lain-lain.

Incoming search terms:

  • Cara jitu untuk mnyelamatkan hp yang terkena air
  • cara selamatkan abdroid yg trkna air
  • harga hp sony zr anti air
Cara Menyelamatkan HP Android yang Terkena Air | Irfan Wahyu Permana | 4.5