Tips Cara Mempercepat Kinerja Android

Tips Cara Mempercepat Kinerja Android – Tidak bisa dipungkiri, Android adalah operating system ponsel paling popular saat ini. Sejak di luncurkan pada tahun 2010 operating system ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak pihak-pihak yang ikut berkontribusi dalam hal perkembangan Android. Diantaranya adalah para pihak developer games, aplikasi, dan lain-lain. Hal ini terjadi karena konsep dari operating system Android sendiri adalah yang bersifat open source, sehingga para developer bisa lebih mudah dalam mengeksplore ide-ide yang mereka miliki. Seiring dengan makin berkembangnya Android, berbagai macam masalah pun bermunculan. Banyak orang yang komplen perihal ponsel Android mereka yang semakin lama malah semakin mengalami penurunan performa atau kinerja. Sebenarnya secara tidak sadar, penurunan kinerja Android lebih banyak disebabkan oleh pengguna ponsel itu sendiri. Tidak ada suatu masalah yang tidak bisa diselesaikan. Begitu pula dengan menurunnya kinerja Android, pasti ada hal yang menyebabkan hal itu terjadi. Dengan mengetahui penyebabnya, maka anda ponsel Android anda pun akan terbebas dari masalah penurunan kinerja. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini majalah ponsel akan menjelaskan beberapa hal yang biasanya menjadi ‘biang kerok’ untuk masalah ini.

gsmarena_001
Via gsmarena.com
  1. Menutup Aplikasi

Aplikasi memang sangat berguna untuk memudahkan kita dalam menjalankan berbagai kegiatan yang dilakukan dengan memanfaatkan ponsel. Namun, terlalu banyak aplikasi pada ponsel pun tidak bagus. Selain akan membuat penuh memory ponsel, aplikasi yang terlalu banyak juga menyebabkan performa ponsel menurun, dalam hal ini ponsel menjadi lemot. Jalan keluarnya adalah tutup aplikasi yang tidak diperlukan, sehingga performa ponsel akan lebih lancar. Caranya tinggal menekan tombol back atau tombol home pada ponsel beberapa saat. Nantinya akan muncul aplikasi yang sedang berjalan, setelah itu tinggal anda pilih aplikasi mana yang akan ditutup.

 Screenshot_2015-04-18-12-22-06

Bisa juga dengan masuk ke task manager ponsel anda, pilih RAM, lalu tap clear memory. Aplikasi pun langsung tertutup dengan cepat.

Screenshot_2015-04-18-12-22-22

 

Cara terakhir adalah bisa dengan menggunakan aplikasi Task Killer yang tersedia di Play Store.

Advertisement

unnamed

  1. Nonaktifkan Auto Update

Melakukan update pada aplikasi yang ktia miliki memang bagus, karena bisa membuat aplikasi yang ada pada ponsel menjadi lebih baik dengan penambahan fitur-fiturnya. Namun seringkali ponsel kita melakukan update otomatis yang tanpa kita sadari, apalagi dengan berbagai macam aplikasi yang menumpuk pada ponsel. Ternyata, pada beberapa ponsel, pada saat melakukan Update kinerja ponsel kita menjadi melambat. Bayangkan saja jika aplikasi yang banyak tersebut melakukan update secara serentak. Maka dari itu, menonaktifkan fitur Auto Update bisa dijadikan solusi.

Tips-hp-Android-Auto-Update-Apps-lazada-indonesia
Via blog.lazada.co.id
  1. Mengalokasikan Memori

Ternyata, dengan semakin sedikitnya kapasitas memori internal ponsel kita membuat kinerja ponsel menjadi tidak maksimal. Apalagi jika kita memasang suatu aplikasi, maka aplikasi itu secara otomatis akan terinstal pada memori internal. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkannya ke memori eksternal. Memang untuk Android sendiri, beberapa ponsel atau aplikasi sudah menyediakan pilihan apakah akan di install di memori internal atau eksternal. Namun bagaimana jika ada aplikasi yang tidak memberikan pilihan tersebut? Aplikasi Link2SD bisa dijadikan solusi untuk memindahkan file-file aplikasi dari internal ke eksternal.

unnamedd
Via Google Play
  1. Hapus Junk File

File-file yang menumpuk juga menyebabkan kinerja ponsel menurun. Dalam ponsel Android pasti terdapat Junk File atau file sampah. File ini merupakan file yang terbentuk karena aktivitas penggunaan aplikasi. Jika kita menggunakan aplikasi, pasti langsung terdapat “jejak” atau chache, chache inilah yang disebut file sampah. Walaupun kita sudah menghapus aplikasi, file sampah tersebut masih tetap ada. Selain itu file sampah ini juga tidak bisa terdeteksi pada my files. Oleh karena itu, aplikasi Clean Master sangat berguna untuk menghapus file sampah tersebut. Dengan begitu kinerja ponsel menjadi lebih optimal.

Clean-Master
Via Google Play

 

 

Tips Cara Mempercepat Kinerja Android | Ikbal Nurfauzi | 4.5