Trik Cara Menghemat RAM di Android Agar Tidak Lemot

Trik Cara Menghemat RAM di Android Agar Tidak Lemot – RAM alias Random Access Memory adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah smartphone. RAM sendiri memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara waktu agar kinerja prosesor menjadi lebih ringan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa semakin besar kapasitas RAM smartphone, maka semakin ringan pula kerjanya. Sehingga saat digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi dan game, smartphone tidak akan lemot. Hal tersebut tentunya berlaku untuk semua jenis smartphone, termasuk smartphone Android. Apalagi Android terkenal sebagai salah satu OS perangkat mobile yang mengonsumsi RAM dalam jumlah paling banyak.

Advertisement

Pada kesempatan yang baik ini majalahponsel.com akan berbagi sedikit informasi kepada anda semua mengenai trik bagaimana cara menghemat RAM agar HP Android tidak lemot. Buat anda yang penasaran dan ingin tahu info lengkapnya, silahkan simak baik-baik ulasan terbaru dari majalahponsel.com yang satu ini.Trik Cara Menghemat RAM di Android Agar Tidak Lemot1. Install Aplikasi Secukupnya

Untuk para pengguna Android sebaiknya jangan install aplikasi atau game terlalu banyak. Apalagi jika perangkat Android anda hanya memiliki RAM kecil, 512 MB sampai 1 GB. Install aplikasi yang memang diperlukan dan hapus aplikasi-aplikasi yang tidak pernah anda gunakan. Hal tersebut akan membuat RAM anda lebih lega.

2. Hapus Aplikasi di Background

Langkah kedua agar RAM di Android anda menjadi lebih lega adalah hapus aplikasi-aplikasi yang berjalan di background yang memang sudah tidak terpakai lagi. Caranya mudah saja, tinggal masuk ke taks manager, lalu lakukan clear RAM. Jika tidak silahkan masuk ke recent app, lalu geser aplikasi ke samping untuk menghapusnya dari background.

3. Reboot Android Berkala

Tahukah anda bahwa restart atau reboot Android dapat membuat kinerja smartphone kita jadi lebih baik? Ya, hal tersebut memang tak salah karena mereboot Android akan membuat sistem menjadi lebih fresh dan mengeluarkan semua aplikasi yang ada di backgroud secara otomatis. Dengan begitu kapasitas RAM akan menjadi lebih lega, dan Android tidak lemot.

4. Hindari Live Wallpaper dan Widget

Jika anda memiliki HP Android dengan RAM yang minim, sebaiknya hindari menggunakan live wallpaper dan widget yang berlebihan. Karena hal tersebut akan memakan free RAM anda dalam jumlah yang cukup besar. Sebaiknya gunakan wallpaper dengan warna monochrome. Selain hemat RAM juga akan hemat baterai.

Sekian informasi mengenai cara hemat RAM di Android agar tidak lemot. Oh iya, ada satu cara lagi untuk menghemat RAM di Android, yakni dengan menghapus beberapa aplikasi sosmed yang ada dan menggantinya dengan browser. Semoga informasi yang kami share kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca majalahponsel.com semuanya. Sampai jumpa dan jangan lupa baca ulasan menarik lainnya hanya di majalahponsel.com.

Incoming search terms:

  • cara menghemat ram
  • cara menghemat ram android
  • cara menghemat ram di hp android
  • hemat ram android
  • trik tip cara hp android jdi ringan biar cuma ram kecil
  • cara hemat ram android dengan aplikasi
  • bagaimana cara menghemat ram
  • cara mengemheat ram android
  • cara menghemat r
  • cara menghemat ram 512
Trik Cara Menghemat RAM di Android Agar Tidak Lemot | Irfan Wahyu Permana | 4.5