Tutorial Cara Install dan Menggunakan Rainmeter

Tutorial Cara Install dan Menggunakan Rainmeter – Jika Anda bosan dengan tampilan desktop yang itu-itu saja, maka Rainmeter adalah jalan keluarnya. Rainmeter sendiri adalah alat kostumisasi desktop khusus untuk sistem operasi Windows. Dengan alat ini, Anda dapat mengganti nuansa dan tampilan desktop secara keseluruhan. Oleh sebab itu, jika Anda berminat untuk memakai software ini, cara install dan menggunakan Rainmeter di bawah mungkin dapat membantu.

Cara Install Rainmeter

Advertisement
  1. Unduh Rainmeter pada situr resminya. Jangan lupa untuk mengunduh versi terakhir. Biasanya Mereka membuat dua jenis versi saat rilis, yaitu Beta dan Final Release. Nantinya file akan tersimpan dalam format .exe.

Tutorial Cara Install dan Menggunakan Rainmeter

Unduh: http://rainmeter.net/

  1. Klik dua kali pada file rainmeter.exe. Nantinya Anda akan disuguhkan kotak dialog setup“Welcome to the Rainmeter”. Anda akan diperintahkan untuk memilih tipe instalasi, ceklis opsi Standar installation. Lanjutkan dengan menekan tombol Next >. Nantinya Rainmeter akan melakukan instalasi secara otomatis.
  1. Setelah selesai, akan muncul kotak dialog “Completing the Rainmeter setup”. Ceklis kotak “Run Rainmeter”, setelah itu tekan tombol Finish. Sampai sini Rainmeter telah terinstall pada perangkat Windows Anda.

Cara Menggunakan Rainmeter

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan alat Rainmeter ini. Namun secara garis besar, fokus utama pada fungsi yang disuguhkan oleh Rainmeter adalah kostumisasi skin atau tampilan.

  1. Setelah melakukan auto run saat melakukan instalasi, Anda akan disuguhkan tampilan aplikasi Manage Rainmeter. Biasanya skin defaultnya bernama “illustro”. Skin disini nantinya yang bergabung bersamaan dengan alat lain, termasuk widget, gaya dan ekstensi lainnya. Untuk skin, format yang dipakai adalah .rmskin.
  1. Anda juga bisa melihat Raindrop icon pada bagian bar notifikasi atau system tray, di bagian kanan bawah desktop Anda.
  1. Anda dapat melakukan kostumisasi sendiri skin. Berkreasi menurut kesukaan Anda, memilih widget, background dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh file .rmskin dari para pengguna Rainmeter lainnya. Misalnya dengan mengunjungi situs Customize.org.
  1. Pada situs tersebut, Anda akan diperlihatkan berbagai jenis desain, style, widget yang sudah dikostum secara unik sedemikian rupa. Anda hanya tinggal memilihnya, lalu mengunduh filenya.
  1. Biasanya file yang Anda unduh sudah dalam format .rmskin, namun begitu tidak jarang yang masih dalam bentuk file zip. Oleh sebab itu, teliti dan jika dalam bentuk yang berbeda, Anda dapat melakukan ekstrak terlebih dahulu.
  1. Jika sudah, Anda bisa langsung menekan dua kali file tersebut. Nantinya skin dari dekstop Anda akan berubah secara otomatis. Biasanya Anda harus melakukan refresh terlebih dahulu untuk dapat melihat perubahan secara keseluruhan.
  1. Jika Anda ingin melakukan kostumisasi skin Rainmeter sendiri, Anda dapat masuk ke bagian Manage Rainmeter. Setelah itu pilih menu Skin ke Context. Nantinya akan ada opsi lanjutan, Anda dapat menekan tombol Layout. Pada tahap ini, Anda dapat membuat nama skin baru, merubah tata letak, memilih skin dari daftar dan lain sebagainya.

Incoming search terms:

  • cara menggunakan rainmeter
  • cara instal rainmeter
  • rainmeter untuk android
  • Cara menggunakan rain meter
  • aplikasi rainmeter untuk android
  • cara pasang rainmeter
  • cara memakai rainmeter
  • cara memasang rainmeter
  • cara install rainmeter
  • apa itu rainmeter
Tutorial Cara Install dan Menggunakan Rainmeter | Balqish Annur Qaishah | 4.5